-2147012865 Khasiat Minyak Ikan Untuk Kesehatan dan kecantikan | Belajar Hidup Sehat

Ads 468x60px

Selasa, 11 Agustus 2015

Khasiat Minyak Ikan Untuk Kesehatan dan kecantikan

Khasiat Minyak Ikan Untuk Kesehatan dan kecantikan
Minyak ikan mengandung lemak omega 3, EPA dan DHA yang baik untuk kesehatan. Omega 3 merupakan salah satu jenis lemak tak jenuh ganda yang merupakan salah satu unsur nutrisi luar biasa dalam membantu mencegah serangan penyakit. Jenis dari lemak ini sangat bermanfaat dan juga sangat dibutuhkan didalam tubuh untuk menunjang kesehatan dan kecantikan.

Omega 3 adalah salah satu jenis asam lemak esensial yang tidak bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh, dan cara memenuhinya maka harus didapatkan dari sumber makanan yang kita konsumsi. Untuk mendapatkan kandungan omega 3  yaitu dengan mengkonsumsi minyak ikan.

Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan

1. Memelihara kesehatan jantung

Kandungan omega 3, dapat mencegah terjadinya penyakit kardiovascular, selain itu dapat membantu mencegah serangan jantung, penyakit stroke, kolestrol tinggi, serta arteoklorosis.

2. Menurunkan Berat badan

Penelitian yang dilakukan Prof. Peter Howe University of South Australia telah menunjukkan bahwa minyak ikan meningkatkan efektifitas latihan/olahraga dalam upaya untuk mengurangi berat badan. Relawan yang diberikan minyak ikan menunjukkan penurunan berat badan yang lebih besar dibandingkan dengan mereka yang tidak.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Asam lemak Omega-3 dalam minyak ikan bermanfaat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara mempengaruhi jumlah dan aktifitas sitokin dan eicosanoid dalam tubuh kita. Penelitian yang dilakukan pada tikus di Rumah Sakit Umum Veteran Taichung, Taiwan, memberikan hasil yang positif akan manfaat ini. Dengan demikian tubuh tak mudah terkena virus yang biasa menyerang dikala pertahanan tubuh lemah. Pada dasarnya minyak ikan memiliki potensi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia, namun penelitian lebih lanjut masih diperlukan. Minyak ikan juga bermanfaat bagi penderita lupus, yaitu penyakit autoimun yang ditandai oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang organ dan jaringan sendiri.

4. Anti inflamasi

Minyak ikan efektif mengurangi peradangan dalam darah dan jaringan tubuh. Mengkonsumsi rutin suplemen minyak ikan atau kapsul bisa sangat membantu bagi yang menderita penyakit peradangan kronis. Bagi penderita penyakit Crohn yang sulit menyerap nutrisi, Suplemen minyak ikan adalah diet yang efektif. Dalam hal colitis, minyak ikan akan mencegah akumulasi leukotriene pada usus besar.

5. Atasi Nyeri sendi

Sifat anti inflamasi yang terkandung dalam omega 3, dapat membantu untuk melindungi tubuh dari terjadinya peradangan. Selain itu juga bisa membantu meredakan nyeri sendi serta membantu meningkatkan kadar kalsium dalam tubuh. Sehingga kan mengatasi gangguan rematik, penyakit lupus serta osteoporosis.
6. Meningkatkan kinerja otak

Kandungan DHA yang ada didalam asam lemak omega 3 dapat membantu melindungi tubuh dan sel-sel otak. Selain itu juga dapat bekerja untuk mempromosikan neurotransmisi yang bekerja dengan baik. Dengan begitu akan membantu untuk proses pengobatan seperti depresi, stres, gangguan bipolar, penyakit alzheimer, penyakit demensia dan lainnya.

7. Mencegah penyakit kanker

Kandungan omega 3 yang terdapat dalam minyak ikan, dapat membantu mencegah penyakit kanker. Untuk proses  perawatan penyakit kanker payudara, kanker usus besar, serta kanker prostat, minyak ikan sangat baik untuk dikonsumsi.

8. Atasi borok

Minyak ikan mengandung EPA dan DHA yang bermanfaat untuk menyembuhkan borok yang disebabkan oleh obat anti inflamasi nonsteroid.

Manfaat Minyak Ikan Untuk Kecantikan

1. Perawatan kulit
Perawatan kulit
Minyak ikan sangat bagus untuk mengatasi kondisi kulit kering dengan cara membuatnya menjadi segar dan bersemangat. Hal ini juga berguna untuk  mengobati berbagai masalah kulit seperti eksim, psoriasis, gatal, kulit kemerahan, bekas jerawat, dan ruam. Dalam hal psoriasis, EPA yang terdapat dalam minyak ikan akan membatasi pertumbuhan agen pro inflamasi dengan memproduksi asam arakidonat. Minyak ikan juga dapat dioleskan untuk membantu kondisi psoriasis.
Konsumsi rutin kapsul minyak ikan membantu mengurangi hilangnya kelembaban dari kulit. Hal ini juga diklaim oleh beberapa orang bahwa minyak ikan membantu mencegah kulit terbakar matahari, namun masih belum ada penelitian yang membenarkan anggapan ini.
2. Mengatasi jerawat
Mengatasi jerawat
Jerawat Minyak ikan adalah pengobatan yang efektif untuk mengatasi masalah jerawat. EPA diketahui sebagai penghambat pembentukan androgen, yang dapat mempengaruhi pembentukan sebum di folikel rambut, yang menyebabkan jerawat.




3. Perawatan Rambut
Perawatan kulit
Minyak ikan sangat membantu menjaga kilau rambut karena manfaat omega 3 yang bersifat merangsang pertumbuhan dengan menyediakan makanan ke folikel. Hal ini akan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok. Protein juga diperlukan untuk pertumbuhan rambut, sehingga makan ikan akan akan mendapatkan banyak protein.


Itulah beberapa manfaat sehat minyak ikan. minyak ikan juga baik diberikan untuk hewan peliharaan kita seperti kucing yang dapat membuat bulunya berkilau dan halus lebih sehat.

Sumber:
Wikipedia.org
Carakasiatmanfaat.com

Manfaatminyakikan.com

0 komentar:

Posting Komentar