-2147012865 7 Manfaat Sehat Donor Darah | Belajar Hidup Sehat

Ads 468x60px

Jumat, 14 Agustus 2015

7 Manfaat Sehat Donor Darah


7 Manfaat Sehat Donor Darah
Gambar:liputan6.com

Donor darah memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh kita. Selain bermanfaat untuk diri sendiri donor darah juga memiliki manfaat untuk mereka yang membutuhkan pertolongan donor darah. Mendonorkan darah sangat penting untuk kesehatan namun mendonorkan darah juga harus melihat kondisi kesehatan kita. Berikut adalah manfaat kesehatan dari mendonorkan darah:

1. Kesehatan Jantung

Penelitian dari American Journal of Epidemology membuktikan bahwa pendonor darah aktif cenderung beresiko rendah mengalami penyakit jantung. Pendonor darah memiliki resiko 88% lebih rendah terkena serangan atau penyakit jantung. Selain itu, mereka pun mengurangi resiko hingga 33% menderita penyakit kardiovaskular lainnya.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Untuk seorang pria, disarankan donor darah setiap 3 bulan sekali, sedangkan untuk wanita, Anda bisa melakukannya 4 bulan sekali. Resiko terkena kanker akan semakin menurun seiring tingkat konsisten si pendonor darah bersangkutan. Mereka mungkin saja terhindar dari kanker paru-paru, lambung, tenggorokan, dan juga usus besar.

3. Menurunkan Berat Badan

Mendonorkan darah secara teratur dapat menurunkan berat badan dan baik bagi mereka yang mengalami obesitas. Obesitas sangat berisiko terhadap penyakit darah tinggi dan penyakit jantung serta penyakit lainnya. Tapi, donor darah juga tidak harus selalu sering dan dianjurkan untuk berkonsultasi kepada dokter untuk menghindari masalah kesehatan.

4. Sel Darah Baru

Setelah mendonorkan darah, tubuh akan bekerja untuk mengisi kembali kehilangan darah. Hal ini justru baiik, karena akan merangsang produksi sel-sel darah baru dan pada gilirannya membantu dalam menjaga kesehatan yang baik. Artinya darah Anda akan segera tergantikan oleh darah baru yang tentunya lebih baik dan sehat. 

5. Mendeteksi Penyakit

Setiap kali kita ingin mendonorkan darah, prosedur standarnya adalah darah kita akan diperiksa dari berbagai macam penyakit seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sifilis, dan malaria. Bagi yang menerima donor darah, ini adalah informasi penting untuk mengantisipasi penularan penyakit melalui transfusi darah.

6. Mencegah Penuaan Dini

Stress menjadi salah satu pemicu terjadinya penuaan dini pada seorang wanita. Donor darah secara teratur akan membantu kulit Anda beregenerasi secara sempurna. Keriput pun tidak mudah timbul karena kulit yang selalu mengencang. 

7. Mengontrol Keadaan Psikologis

Manfaat lainnya dari mendonorkan darah adalah menjadikan pikiran kita lebih jernih dan sehat serta dapat mencegah terjadinya stress. Hal tersebut pastinya berdampak pada kemampuan bersosialisasi dengan lingkungan dan masalah yang dihadapi.

Mendonorkan darah bukanlah hal yang merugikan untuk diri sendiri sebab darah hilang. Namun, dengan mendonorkan darah kita akan mendapatkan manfaat yang luar biasa selain menolong antara sesama, kesehatan kita juga akan diperbaharui setelah mendonorkan darah dan kita menjadi lebih sehat.  Semoga bermanfaat.


Sumber:
Manfaat.co.id
Tipscaramanfaat.com

0 komentar:

Posting Komentar